A F S I

Loading

AFSI Academic Partner Menorehkan Peningkatan Signifikan dalam Literasi Keuangan Digital Syariah melalui Workshop Fintech Syariah

Jakarta, 5 Maret 2024 - Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) terus berkomitmen sebagai penyedia pelatihan di bidang fintech syariah melalui program AFSI Academic Partner (AAP). Pada 26 Februari hingga 29 Februari 2024, AFSI berhasil meraih melaksanakan Workshop Fintech Syariah batch 5 yang merupakan bagian dari program AAP.

Sejak diinisiasi pada tahun 2022, Workshop Fintech Syariah telah menyelenggarakan sebanyak 5 batch workshop di bidang fintech syariah dengan menghadirkan langsung para profesional dan ahli di industri fintech syariah sebagai pemateri workshop. Sampai saat ini, terdapat 732 peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum serta 151 peserta dari kalangan dosen dan profesional yang telah memperoleh manfaat dari workshop fintech syariah dan program AFSI Academic Partner. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan 42 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia yang turut serta dalam mewujudkan visi literasi keuangan syariah yang lebih baik.

Program AFSI Academic Partner ini merupakan komitmen nyata AFSI dalam mendukung program peningkatan literasi keuangan, khususnya sektor keuangan syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan sinergi yang kuat dari ekosistem keuangan digital syariah yang telah terjalin.

“Program ini terbangun atas sinergi yang kuat antara AFSI, kalangan akademisi, institusi perguruan tinggi, serta dukungan dari para anggota AFSI dan berbagai pihak, termasuk regulator Bank Indonesia (BI) dan OJK, serta stakeholder seperti Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), Asosiasi Prodi Ekonomi Islam Indonesia (APSEII), Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI). Harapannya, kolaborasi ini akan terus terjalin hingga Indonesia dapat menjadi pusat pertumbuhan fintech syariah di kancah global”, ungkap Ketua Umum AFSI, Bapak Ronald Yusuf Wijaya.

Melihat pencapaian ini, AFSI berharap telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan literasi keuangan syariah di Indonesia. Lebih lanjut, Direktur Program dan Kemitraan AFSI, Bapak Handika Surbakti menambahkan, “Workshop Fintech Syariah telah membuktikan peran strategis institusi perguruan tinggi dalam memajukan literasi keuangan syariah di tanah air. Kami berkomitmen untuk terus melibatkan kalangan akademisi dan perguruan tinggi dalam upaya mencapai target inklusi fintech syariah yang berkelanjutan."

Dalam menyikapi rendahnya literasi keuangan syariah, AFSI memberikan solusi konkret melalui program AAP. Program ini dirancang untuk membekali akademisi dan mahasiswa dengan pengetahuan yang mendalam tentang fintech syariah, menciptakan kolaborasi yang strategis antara industri dan perguruan tinggi, serta meningkatkan kualitas sumber daya insani di bidang keuangan digital syariah.

Selain Workshop Fintech Syariah, AFSI Academic Partner juga memiliki program utama lainnya, termasuk penyaluran mahasiswa magang, pengadaan seminar atau webinar dan kuliah umum praktisi, riset bidang fintech syariah, serta program terbaru berupa kuliah dan sertifikasi fintech syariah. Melalui program ini, AFSI tetap konsisten dalam mengambil peran aktif dalam membentuk talenta digital yang mumpuni dan membawa literasi keuangan syariah Indonesia menuju yang lebih merata dan berkelanjutan.

-SELESAI-