A F S I

Loading

AFSI Targetkan 20.000 Masyarakat Teredukasi Fintech Syariah di 2023

JAKARTA - Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), menargetkan dapat melibatkan hingga lebih dari 20.000 masyarakat dari berbagai kalangan dalam kegiatan literasi dan edukasi fintech syariah pada tahun 2023. 

Ketua Umum AFSI, Ronald Yusuf Wijaya menyampaikan bahwa target tersebut hendak dicapai guna merealisasikan komitmen AFSI dalam mengakselerasi literasi dan edukasi fintech syariah kepada masyarakat di tahun ini. 

Sebelumnya, sepanjang tahun 2022, AFSI mencatat telah melaksanakan 65 kegiatan literasi dan edukasi dalam program AFSI Academic Partner. Kegiatan tersebut di antaranya 40 webinar, 16 seminar hybrid, dan 6 kali workshop fintech syariah, yang diikuti hingga lebih dari 7.000 peserta dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, pelaku UMKM, dosen, dan lainnya.

Ronald menyampaikan, kegiatan-kegiatan literasi dan edukasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen AFSI untuk mendukung terwujudnya inklusi layanan jasa keuangan syariah di masyarakat. 

“Kegiatan-kegiatan di tahun ini juga sebagai bentuk ikhtiar kami dalam mencapai visi menjadi wadah dalam mewujudkan kemerataan dan keadilan ekonomi, serta mengakselerasi perkembangan ekonomi syariah melalui inovasi finansial teknologi untuk kemaslahatan seluruh masyarakat indonesia,” ungkap Ronald. 

Selain itu, diharapkan dengan adanya kegiatan edukasi yang terlaksana, AFSI dapat menjadi katalisator dalam mewujudkan pemulihan ekonomi, terutama membantu masyarakat yang terdampak langsung guncangan ekonomi tiga tahun ke belakang atau saat pandemi terjadi. 

“Kegiatan edukasi dan literasi ini menjadi salah satu agenda utama dari AFSI, di mana kami meyakini tidak terjadi pertumbuhan fintech syariah dan pertumbuhan ekonomi tanpa adanya edukasi terlebih dahulu kepada masyarakat. InsyaAllah di tahun depan, kegiatan ini akan terus kami kembangkan dan tingkatkan menjadi lebih baik,” tutur Ronald. 

Ronald juga menyampaikan, selain peningkatan kegiatan literasi dan edukasi, jumlah anggota AFSI di tahun ini juga mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Dari 50 anggota di tahun 2021, tahun ini anggota AFSI berjumlah 72 anggota. Adapun rinciannya terbagi menjadi 29 perusahaan fintech, 6 honorary member, 15 mitra lainnya, dan 22 perguruan tinggi. 

“Kami berharap perusahaan, lembaga, atau institusi pendidikan yang bergabung menjadi anggota AFSI terus mengalami peningkatan dan bisa memperkuat posisi industri fintech di kancah global serta yang paling  penting meratanya manfaat yang dihasilkan kepada masyarakat,” pungkasnya.