A F S I

Loading

AFSI Perkuat Sinergi dengan Jurnalis Melalui Media Gathering

Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) menggelar sejumlah rangkaian kegiatan pada Bulan Fintech Nasional (BFN) 2022. Rangkaian agenda dilaksanakan sebagai upaya untuk memperkuat literasi dan edukasi masyarakat tentang fintech syariah. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, selain menjadikan mahasiswa dan masyarakat umum sebagai sasaran program edukasi dengan melibatkan institusi pendidikan seperti kampus, pada tahun ini AFSI turut menyasar kalangan jurnalis sebagai pihak yang tidak terpisahkan dari program edukasi dan literasi fintech syariah. 

Untuk itu, AFSI menyelenggarakan Media Gathering, pada 8 Desember 2022, bekerjasama dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Sebanyak 10 jurnalis dari media  nasional dan regional menjadi peserta Media Gathering yang mengangkat tema Posisi Strategis Fintech Syariah dalam Perekonomian dan Keuangan Nasional.

“Kami ingin menjadi lebih dekat dan erat bersama teman-teman jurnalis. Karena pada dasarnya, teman-teman jurnalis adalah salah satu ujung tombak kami memberikan edukasi dan literasi ke masyarakat. Yang pertama adalah mahasiswa dan yang kedua ini adalah teman-teman jurnalis. Bayangkan apabila edukasi ini terus digencarkan maka masyarakat insyaAllah banyak yang tercerahkan tentang fintech syariah,” ungkap Ketua Umum AFSI Ronald Yusuf Wijaya, di Bandung. 

Agenda Media Gathering tersebut selain menjadi ajang silaturahmi, juga menjadi sarana diskusi antara AFSI dengan jurnalis berkaitan dengan berbagai informasi tentang fintech syariah, seperti pinjaman online (pinjol) ilegal yang meresahkan, hingga fintech yang masih banyak diasumsikan oleh masyarakat sebagai ‘pinjol’.

“Saya meyakini ya, dengan potensi yang dimiliki Indonesia dalam industri fintech khususnya syariah bukan tidak mungkin kita akan jadi negara dengan industri fintech syariah nomor satu di dunia,” terangnya.